KSR PMI Unit UNP

KSR PMI Unit UNP

Kamis, 03 April 2014

Tips Disiplin Terhadap Waktu


Kunci penting kesuksesan adalah DISIPLIN. Mau sukses…??? Harus bisa disiplin dalam segala hal. Disiplin mengatur waktu, disiplin dalam keuangan, sampai disiplin menjaga kesehatan.


Berbicara tentang disiplin memang mudah. Tapi mulai membiasakan diri untuk disiplin bukanlah hal yang mudah. Bentuk kedisiplinan paling dasar yang masih menjadi masalah banyak orang adalah DISIPLIN MENGATUR WAKTU.
Displin Mengatur Waktu bukan pokok bahasan yang mudah. Saya sendiri hingga saat menulis postingan ini, masih sangat sulit mengatur waktu. Bahkan sebenarnya, postingan ini juga adalah salah satu bentuk motivasi bagi diri saya sendiri untuk mulai berusaha mengatur waktu.

Semoga tips – tips berikut bisa membantu semua yang membaca (termasuk saya sendiri) agar bisa Disiplin Mengatur Waktu.
1.    Buat Perencanaan
Dengan membuat perencanaan, waktu yang digunakan akan semakin efektif. Anda memerlukan perencanaan harian. Tanpa perencanaan , anda akan menggunakan waktu menurut apa saja yang kebetulan singgah di meja kerja anda. Makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan suatu pekerjaan, makin sedikit waktu total yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
2.   Selalu Pikirkan Prioritas
Dengan mengetahui pekerjaan yang prioritas, anda akan dengan mudah menentukan pekerjaan mana yang harus lebih dahulu diselesaikan. Jika prioritas pekerjaan hari ini hanya 3 jenis, anda tak perlu menuliskan 10 pekerjaan lain yang bukan prioritas. Masih ada hari esok. Dengan begitu, anda akan punya waktu untuk istirahat dan evaluasi.
3.   Jangan Menunda – nunda Pekerjaan
Kebiasaan menunda – nunda pekerjaan adalah penyakit buruk. Pekerjaan yang direncanakan untuk saat ini, lakukanlah saat ini juga. Jangan menunda. Menunda satu pekerjaan, otomatis akan ikut menarik pekerjaan – pekerjaan lain semakin jauh dari penyelesaian.
4.    Jangan Takut Mengatakan Tidak
Saat sedang melaksanakan suatu pekerjaan yang sudah direncanakan, pasti aka nada hal – hal remeh yang menggoda. Contohnya : saat saya sedang mengetik tugas, datang seorang teman yang mengajak ke toko buku melihat buku – buku terbaru yang baru saja dipajang. Masih ada banyak godaan lain. Mau disiplin….??? Yang perlu dilakukan hanyalah mengatakan tidak hingga pekerjaan yang sudah dijadwalkan itu selesai.
5.     Hindari “Multitasking”
Mungkin anda merasa mempunyai kemampuan “multitasking”, tapi tetap saja anda sendiri hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan secara efektif dalam satu waktu. Anda tak akan bisa mengerjakan dua tugas sekaligus dengan intensitas perhatian yang sama.semakin fokus anda melakukan satu pekerjaan di satu waktu, akan semakin memuaskan pula hasilnya.
6.   Sediakan Cukup Waktu Yang Efektif Untuk Instirahat
Otak dan fisik manusia butuh waktu untuk refresh. Jangan bekerja non-stop tanpa istirahat. Faktor kejenuhan dan kelelahan akan menyebabkan timbulnya ketegangan secara mental dan fisik. Ketegangan itu bukan hanya akan berpengaruh pada hasil kerja, tapi juga berakibat fatal bagi kesehatan. Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang saat anda terbaring sakit tak berdaya karena kelelahan bekerja.
7.   Berusahalah Untuk Selalu Efisien dan Simpel
Tak perlu menghabiskan waktu untuk merumit – rumitkan sesuatu. Saat anda berpikir dengan cara yang lebih sederhana, anda akan lebih mudah menemukan cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Anda tak perlu membuang banyak waktu untuk memikirkan jalan keluar yang rumit dan malah bisa membawa masalah baru.
8.     Jangan Terpaku Pada Lama Waktu Yang Direncanakan
Jika pekerjaan yang anda rencanakan memakan waktu 2 hari, bisa diselesaikan dalam waktu 1 hari, jangan menunggu hingga hari berikutnya untuk memulai pekerjaan lain. Anda bisa mengambil sedikit waktu istirahat, dan memulai pekerjaan beriikutnya lebih awal.
9.     Manfaatkan Alat Bantu
Jangan ragu untuk menggunakan alat bantu dalam mengatur waktu. Sekarang sudah banyak dijual produk alat bantu dalam manajemen waktu, seperti agenda, to do list, dan lain – lain. Jika anda cukup canggih, anda bisa mendownload software time manajemen yang sudah banyak disediakan secara gratis. Dan tetap giat, alat – alat itu bertugas untuk mengatur waktu anda, bukan menghabiskan waktu anda.
Time is money, waktu adalah uang. Mulailah mengatur waktu anda dan jadilah sukses. Semoga postingan ini berguna bagi anda (dan tentu bagi diri saya sendiri…)

0 komentar:

Posting Komentar