Berikut ini adalah tips atau cara agar membangun dan membentuk kerja sama yang solid di sebuah tim, konsep sebuah kepanitian tidak ada beda nya denga sebuah tim.
Silahkan dibaca untuk diri kita lebih baik ke depannya.... Semangat... !!!!
Kerja sama tim (teamwork)
adalah suatu kemampuan dari sekelompok individu untuk dapat bekerja
sama menuju ke visi yang sama. Suatu kemampuan untuk mengarahkan
keberhasilan setiap individu menuju pada tujuan-tujuan organisasi. Kerja
sama tim merupakan elemen penting yang dibutuhkan bila kita ingin
mencapai suatu hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang lain.
Tidak peduli apakah Anda seorang bos, karyawan, atau profesional sekalipun; bila Anda mengetahui cara untuk membuat suatu kerja sama dengan pihak lain, Anda akan mampu mendapatkan hasil yang luar
biasa. Keahlian dalam me-manage kerja sama ini jelas sangat dibutuhkan
dalam dunia bisnis. Untuk dapat membangun sebuah tim, diperlukan lebih
dari sekadar mengumpulkan orang-orang yang tepat.
Bila Anda mempunyai kesempatan untuk memilih sendiri tim Anda,
analisislah kekuatan dan kelemahan mereka untuk memastikan Anda
mendapatkan kombinasi keahlian mereka yang terbaik. Kelilingi diri Anda
dengan orang-orang yang handal dan hati-hatilah untuk tidak memilih
duplikat (clone) dari diri Anda sendiri. Keanekaragaman itu bagus bila
masing-masing individu mempunyai kemauan untuk bekerja sama.
Banyak tantangan dan masalah yang bakal muncul bila Anda sedang
membangun sebuah tim yang orang-orangnya tidak mempunyai minat untuk
bekerja sama satu dengan lainnya. Ujian sebenarnya dari keahlian leadership
Anda adalah untuk menciptakan suatu lingkungan atau suasana, di mana
setiap individu bersedia untuk bekerja secara kooperatif dan
kolaboratif. Kembangkan team work yang efektif dan Anda akan memberikan inspirasi tentang produktivitas, kualitas, dan loyalitas.
Bagilah visi Anda, dan tips-tips berikut mungkin bisa membantu Anda dalam membangun dan mendukung kerja sama tim yang lebih baik
Fokus pada Tujuan Secara Keseluruhan
Jelaskan rencana jangka panjang perusahaan dan lakukan follow-up secara teratur. Orang-orang seringkali terlalu fokus pada masalah hari ini
dan pekerjaan rutin lainnya sehingga kehilangan gambaran akan tujuan
utama secara keseluruhan. Pada waktu anggota lainnya sedang
berkonsentrasi untuk menyelesaikan masalah, orang lain dapat
mendedikasikan lebih banyak waktunya untuk me-review proses untuk mengeliminasi masalah-masalah yang mungkin muncul di masa depan.
Definisikan Peran Masing-masing dengan Jelas
Garisbawahi dengan jelas tanggung jawab dan peran masing-masing
individu dalam suatu tim. Hal ini sangat penting untuk menjamin
kesuksesan tim. Bila kita mengerti tugas dan tanggung jawab
masing-masing individu dengan baik, maka akan sangat membantu dalam
pelaksanaan kerja sama tim secara kolaboratif. Dukunglah tim Anda untuk
mendefinisikan fungsi mereka masing-masing. Mereka akan mampu untuk
mengambil lebih banyak tanggung jawab apabila mereka berada dalam posisi
yang cocok, dan seseorang dari mereka mungkin akan dapat mengeluarkan
bakat baru yang tidak mereka sadari sebelumnya.
Tetapkan Tujuan
Anggota tim perlu untuk memperhatikan tujuan individu maupun tujuan
tim. Dukunglah mereka untuk menentukan tujuan jangka pendek yang dapat
diraih dan dapat diukur, serta tujuan jangka panjang. Dengan tujuan yang
jelas dalam suatu tim dan adanya suatu kode etik dan aturan tertentu,
tim itu akan mulai bisa mengatur dirinya sendiri untuk mencapai
tujuan-tujuan tersebut. Pantauan atau pengawasan dari pihak-pihak ahli
atau senior sangat dibutuhkan untuk menghilangkan atau paling tidak
mengurangi sifat-sifat negatif seperti kemalasan, keterlambatan, serta
suka menunda-nunda pekerjaan. Komunikasikanlah selalu setiap tujuan
dengan jelas, dan pastikan setiap anggota tim mengerti benar-benar
setiap tujuan tersebut.
Bagikan Setiap Informasi yang Ada
Setiap informasi yang disembunyikan akan dianggap sebagai gosip atau
rumor. Hal ini akan sangat menurunkan produktivitas dan moral semua
anggota tim, bila mereka menemukan banyak gosip atau informasi-informasi
yang tidak jelas berkeliaran di antara mereka. Terutama dalam masa-masa
sulit, atau masa-masa peralihan, bagikan dan sebarkanlah semua
informasi yang memang perlu untuk dikomunikasikan ke semua anggota tim,
dan jangan lupa terus meng-update informasi tersebut sesering mungkin.
Bangunlah Rasa Kepercayaan antar Anggota Tim
Jadilah orang yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Hargailah
kata-kata Anda sendiri. Bila Anda adalah seorang pemimpin, dan Anda
telah berjanji untuk memberikan sesuatu kepada anak buah, maka pastikan
Anda menepati janji tersebut. Bila Anda adalah salah satu anggota tim,
dan pernah berjanji untuk melakukan sesuatu kepada sesama anggota tim
atau pemimpin Anda, maka pastikan juga Anda menepati janji tersebut.
Perlakukan setiap anggota tim dengan perlakuan yang sama. Jangan ada
“anak emas”, “orang istimewa”, dan lain sebagainya.
Tunjukkan Antusiasme
Antusiasme mudah menular. Selalu bersikap positif, dan penuh harap.
Bila mereka melihat Anda mengharapkan sesuatu dari mereka, maka ada
peluang mereka akan memberikan yang terbaik dan berusaha untuk tidak
mengecewakan Anda. Fokuslah juga pada hal-hal yang dikerjakan dengan
benar, dan tidak selalu melihat kesalahan orang lain saja.
Have Fun
Bangun semangat yang ada di dalam tim untuk selalu dapat memberikan
energi yang tinggi dan semangat untuk terus bersatu. Sediakan waktu
untuk tertawa bersama dan ciptakan suasana yang sesantai mungkin. Tidak
ada tujuan yang dapat dicapai dengan mudah bila suasana kerja sama
selalu berada dalam keadaan tegang.
Delegasi
Biasakan untuk bisa menjelaskan apa yang harus dikerjakan dan mungkin
bagaimana cara mengerjakannya (bila diperlukan), lalu biarkan. Lebih
baik lagi bila Anda dapat menjelaskan masalah yang ada dan hasil seperti
apa yang Anda inginkan, lalu biarkan tim Anda mengembangkan caranya
sendiri untuk menyelesaikan tugas Anda tersebut. Percayakan tugas kepada
setiap individu dalam tim secara keseluruhan untuk menyelesaikan
tugas-tugasnya sesuai dengan waktu yang telah Anda tetapkan. Bila sudah
ada jadwal untuk me-review proyek Anda pada hari Selasa depan,
maka jangan menanyakan hasilnya hari ini. Berilah kepercayaan kepada tim
Anda untuk dapat memenuhi deadline-nya masing-masing.
Terakhir yang penting adalah terus menerus memberikan inspirasi
kepada semua anggota tim Anda. Bila Anda berbicara tentang hal apa pun
yang berhubungan dengan tim, gunakanlah kata “kita” dan bukan kata
“saya”. Selamat bekerja sama dalam tim, dan sukses untuk Anda semua!
0 komentar:
Posting Komentar