KSR PMI Unit UNP

KSR PMI Unit UNP

Rabu, 05 Maret 2014

Donor Darah Sukarela KSR PMI Unit UNP


Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah. Untuk kegiatan donor darah ini hanya petugas yang berwenang yang berhak untuk melakukan pengambilan darah dan pemerintah telah menugaskan khusus kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk pengambilan darah dari pendonor dan mengelolanya untuk selanjutnya di tranfusikan kepada yang memerlukan.

Apabila dikaitkan dengan hukum donor darah dalam Islam, Lembaga tertinggi Majelis Ulama juga mengeluarkan fatwa berkenaan dengan donor darah ini sebagai berikut:

Pertama:
Boleh hukumnya mendonorkan darah selama tidak membahayakan jiwanya dalam kondisi yang memang dibutuhkan untuk menolong kaum muslimin yang benar-benar membutuhkannya.

Kedua:
Boleh hukumnya mendirikan Bank donor darah Islami untuk menerima orang-orang yang bersedia mendonorkan darahnya guna menolong kaum muslimin yang membutuhkannya. Dan hendaknya bank tersebut tidak menerima imbalan harta dari si sakit ataupun ahli waris dan walinya sebagai ganti darah yang di donorkan. Dan tidak dibolehkan menjadikan hal itu sebagai lahan bisnis untuk mencari keuntungan, karena hal itu berkaitan dengan kemaslahatan umum kaum muslimin.
 

Maka dari itu sebagai landasan  atas azas kemanusiaan, KSR PMI Unit UNP mengadakan kegiatan Donor Darah Sukarela yang InsyaAllah akan dilakukan setiap bulannya di sekitaran kampus Universitas Negeri Padang (UNP). Pada tahun sebelumnya di tahun 2012 dan 2013 KSR PMI Unit UNP yang bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Kota Padang berhasil mendapatkan hasil yang selalu memuaskan dengan lebih dari 1000 kantong darah setiap tahunnya.




Doc KSR PMI Unit UNP


Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk memenuhi stok darah untuk UDD Kota Padang, dan mensosialisasikan kegiatan donor darah sebagai gaya hidup kepada seluruh civitas akademika UNP. Kegiatan ini juga disambut dengan baik oleh masyarakat UNP. Mereka begitu antusias mengikuti kegiatan ini .



Adapun untuk syarat-syarat mendonorkan darah dapat dilihat  di sini . 

Dari hasil yang telah didapat pada kegiatan di tahun sebelumnya, pada tahun 2014 ini KSR PMI Unit UNP  berusaha untuk  meningkatkan kuantitas dari pendapatan kantong darah . Dan untuk mendapatkan hasil itu kegiatan yang mendukung untuk Aksi Donor Darah ini adalah dengan di adakannya Seminar Donor Darah KSR PMI Unit UNP  sebagai sarana sosialiasi untuk mereka yang tidak mengetahui tentang donor darah.

Seminar Donor Darah
Donor darah begitu banyak manfaatnya bagi diri sendiri maupun bagi orang lain., silahkan dibaca artikel berikut ini Manfaat Donor Darah .

Maka dari itu kegiatan positif yang terus dilakukan ini dapat meningkat dengan semakin banyaknya pendonor untuk mendonorkan darahnya sebagai wujud cinta terhadap sesama.

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

"Alangkah indahnya berbagi dengan menyelamatkan nyawa seseorang, tidak perlu bertempur di medan perang untuk jadi pahlawan "

SIAMO TUTTI FRATELY.

writed by : 1412

0 komentar:

Posting Komentar